Hipotek – Panduan Pemula

Membeli rumah adalah pembelian terbesar yang akan Anda lakukan. Sebelum Anda mengatur hipotek Anda, pastikan Anda tahu apa yang mampu Anda pinjam. Cari tahu di mana mendapatkan hipotek, berbagai jenis dan cara kerjanya.

Apa itu Hipotek?

Hipotek adalah pinjaman yang diambil untuk membeli properti atau tanah.
Sebagian besar berjalan selama 25 tahun tetapi istilahnya bisa lebih pendek atau lebih lama.
Pinjaman ini ‘dijamin’ terhadap nilai rumah Anda sampai lunas.

Jika Anda tidak dapat melanjutkan pembayaran Anda, kreditur dapat mengambil kembali (mengambil kembali) rumah Anda dan menjualnya sehingga mereka mendapatkan uang mereka kembali.

Hipotek Panduan Pemula

Cari Tahu Apa Yang Anda Mampu

Gunakan kalkulator Keterjangkauan Hipotek kami untuk mengetahui berapa banyak yang Anda mampu.

Jangan meregangkan diri jika Anda berpikir Anda akan berjuang untuk tetap membayar kembali.

Juga, pikirkan biaya operasional untuk memiliki rumah seperti tagihan rumah tangga, pajak dewan, asuransi dan pemeliharaan.

Pemberi pinjaman akan ingin melihat bukti penghasilan Anda dan pengeluaran tertentu, dan jika Anda memiliki hutang.

Mereka mungkin meminta informasi tentang tagihan rumah tangga, perawatan anak dan pengeluaran pribadi.

Pemberi pinjaman ingin bukti bahwa Anda akan dapat melanjutkan pembayaran jika suku bunga naik.
Mereka mungkin menolak untuk menawarkan hipotek jika mereka tidak berpikir Anda akan mampu membayarnya.

Di Mana Mendapatkan Hipotek

Anda dapat mengajukan permohonan hipotek langsung dari bank atau bangunan masyarakat, memilih dari berbagai produk mereka.

Anda juga dapat menggunakan broker hipotek atau penasihat keuangan independen (IFA) yang dapat membandingkan berbagai hipotek di pasar.

Serta hipotek yang tidak ditawarkan langsung kepada pelanggan.

Beberapa broker melihat hipotek dari ‘seluruh pasar’ sementara yang lain melihat produk dari sejumlah pemberi pinjaman.

Mereka akan memberi tahu Anda semua tentang ini, dan apakah mereka memiliki tagihan, saat Anda pertama kali menghubungi mereka.

Mengambil nasihat hampir pasti akan menjadi yang terbaik kecuali jika Anda sangat berpengalaman dalam masalah keuangan secara umum, dan hipotek pada khususnya.

Kadang-kadang mungkin untuk memilih hipotek tanpa menerima saran – ini disebut hipotek hanya eksekusi.

Pemberi pinjaman akan menulis untuk mengonfirmasi bahwa Anda belum menerima saran dan bahwa hipotek belum dinilai untuk melihat apakah itu sesuai untuk Anda.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu mengonfirmasi bahwa Anda mengetahui konsekuensi dari mengambil hipotek tanpa menerima saran, dan bahwa Anda senang untuk melanjutkan.

Jika karena alasan tertentu hipotek ternyata tidak cocok untuk Anda nanti, akan sangat sulit bagi Anda untuk mengajukan keluhan.

Jika Anda menempuh rute eksekusi saja, pemberi pinjaman akan tetap melakukan pemeriksaan keterjangkauan keuangan Anda secara terperinci dan menilai kemampuan Anda untuk terus melakukan pembayaran dalam keadaan tertentu.

Situs web perbandingan tidak akan memberi Anda hasil yang sama, jadi pastikan Anda menggunakan lebih dari satu situs sebelum membuat keputusan.

Penting juga untuk melakukan riset ke dalam jenis produk dan fitur yang Anda butuhkan sebelum melakukan pembelian atau mengganti pemasok.

Anda bisa mendapatkan informasi mengenai hipotek secara lengkap dan lebih jelas dengan mengunjungi situsĀ Central Loan Administration.

Mengajukan Permohonan Hipotek

Mengajukan permohonan hipotek seringkali merupakan proses dua tahap.

Tahap pertama biasanya melibatkan pencarian fakta dasar untuk membantu Anda menentukan berapa banyak yang Anda mampu, dan jenis hipotek apa yang mungkin Anda butuhkan.

Tahap kedua adalah tempat pemberi pinjaman hipotek akan melakukan pemeriksaan keterjangkauan yang lebih terperinci, dan jika mereka belum memintanya, bukti penghasilan.

Tahap 1

Umumnya, pemberi pinjaman atau broker hipotek akan mengajukan serangkaian pertanyaan kepada Anda untuk mencari tahu jenis hipotek apa yang Anda inginkan, dan berapa lama Anda menginginkannya.

Mereka juga akan berusaha mencari tahu, tanpa terlalu mendetail, situasi keuangan Anda.

Ini biasanya digunakan untuk memberikan indikasi tentang seberapa besar pemberi pinjaman mungkin siap meminjamkan Anda.

Mereka juga harus memberi Anda informasi penting tentang produk, layanan mereka dan segala biaya atau biaya jika berlaku.

Tahap 2

Ini biasanya tempat Anda memulai aplikasi Anda.

Pemberi pinjaman atau broker hipotek akan memulai ‘penemuan fakta’ penuh dan penilaian keterjangkauan yang terperinci, di mana Anda harus memberikan bukti pendapatan dan pengeluaran spesifik Anda, dan ‘tes stres’ keuangan Anda.

Ini dapat melibatkan beberapa pertanyaan terperinci tentang keuangan Anda dan rencana masa depan yang dapat memengaruhi penghasilan masa depan Anda.

Cari tahu bukti apa yang perlu Anda berikan di Cara mengajukan permohonan hipotek.

Mereka juga akan menilai dampak pada pembayaran Anda jika suku bunga naik di masa depan.

Jika permohonan Anda diterima, kreditur akan memberi Anda ‘tawaran mengikat’ dan dokumen ilustrasi Hipotek yang menjelaskan persyaratan hipotek Anda.

Ini akan datang bersama dengan ‘periode refleksi’ minimal 7 hari, yang akan memberi Anda kesempatan untuk membuat perbandingan dan menilai implikasi dari menerima tawaran pemberi pinjaman Anda.

Beberapa pemberi pinjaman mungkin memberi Anda lebih dari 7 hari untuk melakukan ini.

Anda memiliki hak untuk mengabaikan periode refleksi ini untuk mempercepat pembelian rumah Anda jika perlu.

Selama periode refleksi ini, pemberi pinjaman biasanya tidak dapat mengubah atau menarik penawaran mereka kecuali dalam beberapa keadaan terbatas.

Misalnya jika informasi yang Anda berikan ternyata salah.