Mengenal Chairul Tanjung, Si Anak Singkong yang Sukses Jadi Bos CT Corp

Chairul Tanjung merupakan nama yang sangat familiar di dunia bisnis karena kini namanya sangat dan karirnya meningkat. Kini Chairul Tanjung menjadi bos CT Corp dan mampu mengembangkan sayap bisnis dengan cara mereposisi usaha penyiaran Trans Corp serta Trans TV. Pengusaha ini mempunyai Bank Mega yang pernah ditunjuk sebagai Menko Perekonomian pada 2014 silam. Ada cukup banyak ukiran prestasi yang dimiliki oleh Chairul Tanjung sehingga menjadi motivasi bagi banyak orang yang ingin mencapai kesuksesan. Siapa yang menyangka bahwa mulai masa kecilnya sampai saat kuliah Ia mempunyai catatan hidup yang tidak segemilang ini.

Biografi Masa Pra Sukses Chairul Tanjung

Chairul Tanjung merupakan putra dari Abdul Ghofur Tanjung yang lahir di Sibolga. Saat itu Ayahnya merupakan seorang wartawan masa orde lama yang pernah terpikirkan surat kabar oplah minim. Chairul Tanjung lahir pada 16 Juni 1962 oleh seorang wanita yang bernama Halimah. Ibunya hanyalah seorang ibu rumah tangga biasa. Bisa dikatakan bahwa Iya hidup di kalangan keluarga menengah ke bawah bersama keenam saudaranya. Saat itu kedua orang tuanya harus menjual rumah dan akhirnya mereka harus pindah menempati kamar losmen dengan ukuran sangat sempit. Saat itu usaha ayahnya ditutup karena bergesekan dengan an saat itu.

Ia merupakan alumni Universitas Indonesia Jurusan Kedokteran Gigi yang lulus pada tahun 1987. Chairul Tanjung juga mengambil gelar MBA di tahun 1993. Kini Chairul Tanjung merupakan salah satu orang terkaya di dunia. Pada masa kuliahnya ia harus berdagang kecil-kecilan guna membayar uang kuliah karena saat itu kondisi finansial sangat tidak memungkinkan. Bahkan ia pernah menjalankan berbagai usaha dan bisnis untuk memenuhi kehidupannya. Meskipun demikian Chairul Tanjung tetap bekerja dan gigih untuk mampu menyelesaikan kuliah, Bahkan ia pernah mendapatkan predikat mahasiswa teladan tingkat nasional.

Mencontoh Semangat Sosok Chairul Tanjung

Kesuksesan yang diraih oleh Chairul Tanjung tentu bukan tidak beralasan. Ada banyak sekali hambatan dan rintangan yang dialaminya sehingga ia bisa mencapai kesuksesan. Kini banyak sekali orang yang mencontoh kesuksesan Chairul Tanjung dalam berbagai hal khususnya dalam menjalankan bisnis dan usaha. Untuk itu sangat perlu mengenal lebih dalam terkait sosok dari Chairul Tanjung ini.

  1. Berasal dari keluarga menengah ke bawah

Tidak sedikit orang yang sukses karena memang sudah terlahir dari keluarga yang berada dan dibekali modal dari keluarganya. Akan tetapi hal ini tidak berlaku bagi Chairul Tanjung karena ia merupakan anak lelaki yang notabene berasal dari keluarga tidak berada. Ia mengalami masa keterpurukan ketika usaha ayahnya ditutup ketika memasuki orde baru karena ada banyak terbitan yang sangat bertentangan dengan pemerintah yang berjalan saat itu. Sejak saat itu Chairul Tanjung berusaha untuk hidup sederhana dan berjuang untuk memenuhi kebutuhannya. Meski dalam kondisi keluarga yang demikian, ia tetap semangat.

  1. Menyelesaikan pendidikan tinggi

Dalam situasi ekonomi yang sangat terpuruk, Chairul Tanjung tetap bersemangat untuk menyelesaikan pendidikannya dengan baik. Baginya pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan harus dimiliki karena sebagai tonggak kesuksesan. Setelah lulus dari SMA, Iya tidak ragu-ragu untuk memutuskan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Universitas Indonesia Jurusan Kedokteran Gigi. Bahkan ketika ia menempuh pendidikan, biaya kuliah ditanggung oleh sendiri dengan menjalankan berbagai usaha. Chairul Tanjung tidak pernah patah semangat bahkan dalam kondisi ekonomi yang terpuruk dan kesibukannya untuk mencari uang memenuhi kebutuhan hidup, ia mendapatkan predikat mahasiswa teladan tingkat nasional. Pendidikannya tidak sampai disitu karena ia berusaha untuk melanjutkan mendapatkan gelar MBA.

  1. Pertama kali terjun dalam bisnis

Pertama kali Chairul Tanjung masuk dalam dunia bisnis yang serius yakni dengan merintis toko yang menjual alat kedokteran. Ia menjalankan bisnis ini di daerah Jakarta Pusat dan pada akhirnya mengalami kerugian. Meskipun demikian Chairul Tanjung tidak patah semangat dan tetap meneruskan usahanya dalam bidang yang lainnya yakni ekspor sepatu anak pada perusahaan PT Pariarti Shindutama. Untuk memulai usaha barunya ia harus meminjam uang dari bank sebanyak 150 juta rupiah. Usaha yang dijalankan oleh Chairul Tanjung dan rekanya terbilang berhasil karena mendapatkan pesanan dalam jumlah yang besar dari negara Italia. Akan tetapi pada akhirnya bisnis tersebut tidak berlanjut karena ada perbedaan pandangan antara Chairul Tanjung dengan rekannya sehingga bisnis tersebut harus berakhir.

  1. Mendirikan CT Corp

Dalam menjalankan bisnis Chairul Tanjung tidak pernah memilih-milih dalam bekerja sama. Bisa dikatakan bahwa ia memiliki relasi yang sangat luas dan bahkan mau bekerja sama dengan bisnis kelas bawah yang kemungkinan banyak orang menganggap bahwa mereka tidak selevel dengan Chairul Tanjung. Namun siapa sangka bahwa relasi yang luas ini memberikan dampak yang baik pada Chairul Tanjung di mana perlahan kesuksesan pun datang. Khairul Kemudian berinisiatif untuk mendirikan sebuah perusahaan yang diberi nama para inti holindo.

Fokus utama ada pada 3 sektor yakni financial, properti dan multimedia. Ketika menjalankan bisnis, Iya lebih suka akuisisi pada perusahaan lain dibandingkan harus membangun dari awal. Salah satunya yakni Bank Karman yang diubah menjadi Bank Mega. Iya juga membeli sebagian saham Carefour Indonesia yakni sebesar 40% melalui Trans Corp. Menurut Chairul Anwar cara ini merupakan cara yang efektif untuk bisa mendapatkan kesuksesan dalam berbisnis.

Demikianlah sekilas biografi dan kisah kesuksesan Chairul Tanjung yang bisa dijadikan sebagai motivasi. Apabila ingin mengetahui lebih banyak terkait bisnis, maka bisa akses di bacamania.com karena ada banyak sekali referensi peluang bisnis yang bisa mengantarkan pada kesuksesan.